Para fisikawan di Laboratorium Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) di Geneva, Swiss, Jumat (23/9/2011) waktu setempat, mengumumkan keberhasilan mereka menemukan keberadaan partikel yang bisa bergerak lebih cepat daripada kecepatan cahaya.Partikel yang disebut sebagai neutrino ini memiliki kecepatan 20 per 1 juta di atas kecepatan cahaya. Berdasarkan teori relativitas khusus yang dikemukakan Albert Einstein pada 1905, kecepatan cahaya mencapai 299.792 kilometer per detik atau yang sering dibulatkan menjadi 300.000 kilometer per detik. Ini merupakan kecepatan tertinggi di alam semesta. Neutrino merupakan partikel elementer yang memiliki massa sangat kecil, nyaris mendekati nol.

 
Hukum gerak Newton adalah tiga hukum fisikayang menjadi dasar mekanika klasik. Hukum ini menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya.
Isaac Newton
(1643-1727)

Hukum I Newton

Bayangkan kita memiliki sebuah koin di atas lantai mendatar. Ketika kita biarkan, koin akan tetap diam. Apabila kita beri tekanan mendatar, koin akan meluncur untuk sementara waktu dan kemudian berhenti. Semakin licin permukaan koin dan lantai, akan semakin jauh koin tersebut meluncur sebelum akhirnya berhenti. Apabila kita mampu membuat permukaan koin dan lantai licin sempurna, apakah koin akan akan meluncur selamanya tanpa berhenti lagi?

 
Relativitas berhubungan dengan dua kerangka acuan yang saling bergerak dengan kecepatan konstan. Pada Gambar 5.1.2a diilustrasikan kerangka acuan “diam”, yaitu pengamat yang diam di tepi rel dan kerangka acuan “bergerak”, yaitu pengamat yang berada dalam kereta.

Kita dapat menjelaskan situasi ini dengan menggunakan kerangka acuan inersial. Pada Gambar 5.1.2 dilukiskan dua buah kerangka acuan inersial. Kerangka acuan S yang berhubungan dengan pengamat diam di tepi rel, memiliki system koordinasi XYZ dengan titik dasar O. Kerangka acuan S’ yang berhubungan dengan pengamat dalam kereta, memiliki koordinat X’Y’Z’ relatif terhadap kerangka acuan S. Mula-mula (saat t =t’= 0), titik asal kedua acuan adalah berimpit. Dalam transformasi Galileo yang akan kita turunkan ini, selang waktu yang dicatat oleh pengamat di S di anggap sama dengan yang dicatat oleh yang dicatat oleh pengamat di S’. Jadi, t’=t.


 
Start blogging by creating a new post. You can edit or delete me by clicking under the comments. You can also customize your sidebar by dragging in elements from the top bar.

    Fisika

    Ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penemuan dan pemahaman mendasar tentang hukum-hukum yang menggerakkan materi,energi, ruang, dan waktu.


    Click to set custom HTML

    Categories

    All
    Fisika Amazing
    Fisika Klasik
    Fisika Modern
    Tokoh Fisika
    What's New

    Archives

    May 2012
    April 2012
    March 2012

    My Accounts